Kamis, 13 Juni 2013

donor darah

Hukum donor darah
Oleh Siroj Munir di Fiqh Kontemporer (Berkas) · Sunting Dokumen
Pertanyaan :
Bagaimana hukumnya donor darah?

( Dari : Alfan Recoba dan Nizaah Syukron )


Jawaban :
Dalam literatur kitab-kitab fiqih dijelaskan, semua ulama' sepakat bahwasanya berobat dengan menggunakan benda najis, seperti darah itu tidak diperbolehkan kecuali memang tidak ditemukan pengganti selain benda najis tersebut.

Sedangakan mengenai masalah hukum donor darah para ulama' kontemporer telah mengeluarkan fatwa tentang kebolehan donor darah, diantaranya adalah Syaikh Hasanain Muhammad Makhluf dalam kitab kumpulan fatwa beliau. Darul Ifta' Al Mishriyah secara resmi juga telah mengeluarkan fatwa nomer 393 tentang kebolehan praktek donor darah. Berikut ini adalah poin dari fatwa dari Darul Ifta' Al Mishriyah ;

Jika donor darah dapat menyelamatkan orang lain dari kematian, dan para dokter ahli yang dapat dipercaya mengatakan hal itu tidak menyebabkan efek negatif pada pendonor, baik pada tubuh, kehidupan maupun pekerjaannya, maka hal itu dibolehkan. Kebolehan ini terhitung sebagai izin dari syarak untuk menyelamatkan jiwa manusia yang harus dijaga, sebagaimana diperintahkan oleh Allah. Donor ini bahkan dapat dikategorikan sebagai pengorbanan dan sikap mendahulukan kepentingan orang lain (itsâr) yang dianjurkan Allah dalam Alquran,

وَيُؤْثِرُونَ عَلَى أَنْفُسِهِمْ وَلَوْ كَانَ بِهِمْ خَصَاصَةٌ وَمَنْ يُوقَ شُحَّ نَفْسِهِ فَأُولَئِكَ هُمُ الْمُفْلِحُونَ

"Dan mereka mengutamakan (orang-orang Muhajirin), atas diri mereka sendiri. Sekalipun mereka memerlukan (apa yang mereka berikan itu). Dan siapa yang dipelihara dari kekikiran dirinya, mereka itulah orang-orang yang beruntung." (Al-Hasyr : 9).

Masalah ini juga dapat diqiyaskan dengan kebolehan menyelamatkan orang yang tenggelam, terkurung api dan tertimbun reruntuhan meskipun terdapat resiko kematian bagi orang yang menyelamatkannya. Allah berfirman,

وَتَعَاوَنُوا عَلَى الْبِرِّ وَالتَّقْوَى

"Dan tolong-menolonglah kamu dalam (mengerjakan) kebaikan dan takwa." (Al-Mâidah  : 2).

Dengan demikian, donor darah dibolehkan secara syarak, apalagi darah merupakan cairan di dalam tubuh yang terus diproduksi. Namun kebolehan ini berdasarkan syarat-syarat berikut ini:

1. Terdapat kondisi darurat, seperti ada seseorang atau sekelompok orang yang sangat membutuhkan darah guna menyelamatkan jiwa mereka dari kematian atau dari kondisi yang dapat mengakibatkan kematian, seperti dalam peristiwa kecelakaan, bencana alam dan proses operasi.

2. Donor darah tersebut benar-benar dapat merealisasikan kemaslahatan yang nyata pada manusia atau mencegah kemudaratan darinya dilihat dari perspektif kedokteran.

3. Donor darah tersebut tidak menimbulkan mudarat sama sekali bagi pendonor, baik secara menyeluruh atau sebagian saja. Donor darah itu juga tidak menghalanginya melaksanakan aktifitasnya sehari-hari, baik secara fisik maupun psikis. Juga dipastikan tidak adanya pengaruh negatif pada dirinya, baik saat pendonoran atau di masa mendatang.

4. Darah pendonor harus dipastikan telah steril dari penyakit yang dapat mengganggu tubuh manusia. Dalam pandangan syarak, tidak boleh mencegah suatu kemudaratan namun dengan menimbulkan kemudaratan yang lain.

5. Pendonor harus seseorang yang memenuhi semua syarat pengambilan keputusan dan kebijakan berkaitan dengan dirinya maupun hartanya.

Wallohu a'lam.

( Dijawab oleh : Saif El Nashr, Khairul Munir, Berebes Van Java, Siroj Munir, Shazs Rena Latif  dan  Aslim Tas'ad Sie Pengajian )


Referensi :
1. Al Mausu'ah Al Fiqhiyah, Juz : 11  Hal : 118
2. Mughnil Muhtaj, Juz : 5  Hal : 518
3. Fatawi Asy-Syar'iyyah Lisy-Syaikh Makhluf, Hal : 195
4. Fatwa Darul Ifta' Al Mishriyah, no. 393
http://www.dar-alifta.org/ViewFatwa.aspx?ID=393.

Ibarot :
Al Mausu'ah Al Fiqhiyah, Juz : 11  Hal : 118

التداوي بالنجس والمحرم
اتفق الفقهاء على عدم جواز التداوي بالمحرم والنجس من حيث الجملة، لقول النبي صلى الله عليه وسلم: إن الله لم يجعل شفاءكم فيما حرم عليكم

Mughnil Muhtaj, Juz : 5  Hal : 518

ومن غص بلقمة أساغها بخمر إن لم يجد غيرها والأصح تحريمها لدواء وعطش
....................................
[مغني المحتاج]
ومن غص) بغين معجمة مفتوحة بخطه، وحكي ضمها والفتح أجود. قاله ابن الصلاح والمصنف في تهذيبه: أي: شرق (بلقمة) مثلا (أساغها) أي أزالها (بخمر) وجوبا كما قاله الإمام (إن لم يجد غيرها) ولا حد عليه إنقاذا للنفس من الهلاك والسلامة بذلك قطعية بخلاف التداوي، وهذه رخصة واجبة (والأصح تحريمها) أي تناولها على مكلف (لدواء وعطش) أما تحريم الدواء بها فلأنه - صلى الله عليه وسلم - لما سئل عن التداوي بها. قال «إنه ليس بدواء ولكنه داء» ، والمعنى أن الله تعالى سلب الخمر منافعها عندما حرمها، ويدل لهذا، قوله - صلى الله عليه وسلم -: «إن الله لم يجعل شفاء أمتي فيما حرم عليها» وهو محمول على الخمر، روي أن النبي - صلى الله عليه وسلم - قال: «إن الله لما حرم الخمرة سلبها المنافع» وما دل عليه القرآن من أن فيها منافع للناس إنما هو قبل تحريمها، وإن سلم بقاء المنفعة فتحريمها مقطوع به، وحصول الشفاء بها مظنون، فلا يقوى على إزالة المقطوع به، وأما تحريمها للعطش فلأنها لا تزيله، بل تزيده؛ لأن طبعها حار يابس كما قاله أهل الطب، ولهذا يحرص شاربها على الماء البارد. وقال القاضي أبو الطيب: سألت أهل المعرفة بها. فقال تروي في الحال ثم تثير عطشا شديدا. فإن قيل: هذه رواية فاسق لا تقبل. أجيب بأنه أخبر بعد توبته. والثاني يجوز التداوي بها: أي: بالقدر الذي لا يسكر كبقية النجاسات، ويجوز شربها لإساغة اللقمة بها، وقيل يجوز التداوي بها دون شربها للعطش، وقيل عكسه، وشربها لدفع الجوع كشربها لدفع العطش

Fatawi Asy-Syar'iyyah Lisy-Syaikh Makhluf, Hal : 195

    مسألة 89: هل يجوز شرعا الإنتفاع بدم الإنسان بنقله من الصحيح الى المريض لإنقاذ حياته ؟
    الجواب : الدم وان كان محرما بنص القرآن الا ان الضرورة الملجئة الى التداوي به تبيح الإنتفاع به في العلاج ونقله من شخص لآخر، وقد ذهب جمع من الفقهاء الى جواز التداوي بالمحرم والنجس اذا لم يكن هناك ما يسدّ مسدّه من الأدوية المباحة الطاهرة، فاذا راى الطبيب المسلم الحاذق ان انقاذ حياة المريض متوقف على الإنتفاع بالدم، جاز التداوي به شرعا، والضرورة تبيح المحظورات، وما جعل عليكم في الدين من حرج، والله اعلم

Fatwa Darul Ifta' Al Mishriyah, no. 393

فالتبرع بالدم إن كان يُنقذ إنسانا من هلاك محقق وأقر أهل الخبرة من الأطباء العدول أن ذلك لا يضر مَن تبرع، ولا يؤثر على صحته وحياته وعمله، فلا مانع من الترخيص في ذلك إن خلا من الضرر، ويعد ذلك من باب الإذن الشرعي الذي فيه إحياء للنفس التي أمر الله بإحيائها، ومن باب التضحية والإيثار، وهو ما أمر به القرآن: {وَيُؤْثِرُونَ عَلَى أَنْفُسِهِمْ وَلَوْ كَانَ بِهِمْ خَصَاصَةٌ وَمَنْ يُوقَ شُحَّ نَفْسِهِ فَأُولَئِكَ هُمُ الْمُفْلِحُونَ} الحشر: 9، وقياس ذلك إنقاذ الغرقى والحرقى والهدمى مع احتمال الهلاك عند الإنقاذ، يقول تعالى: {وَتَعَاوَنُوا عَلَى الْبِرِّ وَالتَّقْوَى} المائدة: 2

وبناء على ذلك وفي واقعة السؤال, فإن التبرع بالدم لا مانع منه شرعا، خاصة وأن الدم عضو متجدد، بل دائم التجدد والتغير، وذلك بالضوابط والشروط الآتية

وجود ضرورة قصوى عند التبرع، كأن يكون بعض الناس أو الأفراد في حاجة ماسة إلى كميات من الدم لإنقاذ حياتهم من الهلاك أو الإشراف على الهلاك، كالحوادث والكوارث والعمليات الجراحية

أن يكون التبرع بالدم محققا لمصلحة مؤكدة للإنسان من الوجهة الطبية، ويمنع عنه ضررا مؤكدا

أن لا يؤدي التبرع بالدم إلى ضرر على المتبرع كليا وجزئيا، أو يمنعه من مزاولة عمله في الحياة ماديا أو معنويا، أو يؤثر عليه سلبا في الحال أو المآل بطرق مؤكدة من الناحية الطبية

أن يتحقق بالطرق الطبية خلو المتبرع بالدم من الأمراض الضارة بصحة الإنسان؛ لأنه لا يجوز شرعا دفع الضرر بالضرر

أن يكون المتبرع بالدم إنسانا كامل الأهلية


http://fiqhkontemporer99.blogspot.com/2013/01/hukum-donor-darah.html

Dahi Hitam (Jidat)



Dahi Hitam (Jidat)
مُحَمَّدٌ رَسُولُ اللَّهِ وَالَّذِينَ مَعَهُ أَشِدَّاءُ عَلَى الْكُفَّارِ رُحَمَاءُ بَيْنَهُمْ تَرَاهُمْ رُكَّعًا سُجَّدًا يَبْتَغُونَ فَضْلًا مِنَ اللَّهِ وَرِضْوَانًا سِيمَاهُمْ فِي وُجُوهِهِمْ مِنْ أَثَرِ السُّجُودِ
Yang artinya, “Muhammad itu adalah utusan Allah dan orang-orang yang bersama dengan Dia adalah keras terhadap orang-orang kafir, tetapi berkasih sayang sesama mereka. kamu Lihat mereka ruku’ dan sujud mencari karunia Allah dan keridhaan-Nya, tanda-tanda mereka tampak pada muka mereka dari bekas sujud” (QS al Fath:29).

Banyak orang yang salah paham dengan maksud ayat ini. Ada yang mengira bahwa dahi yang hitam karena sujud itulah yang dimaksudkan dengan ‘tanda-tanda mereka tampak pada muka mereka dari bekas sujud’. Padahal bukan demikian yang dimaksudkan. Diriwayatkan oleh Thabari dengan sanad yang hasan dari Ibnu Abbas bahwa yang dimaksudkan dengan ‘tanda mereka…” adalah perilaku yang baik. Diriwayatkan oleh Thabari dengan sanad yang kuat dari Mujahid bahwa yang dimaksudkan adalah kekhusyuan. Juga diriwayatkan oleh Thabari dengan sanad yang hasan dari Qatadah, beliau berkata, “Ciri mereka adalah shalat” (Tafsir Mukhtashar Shahih hal 546).

عَنْ سَالِمٍ أَبِى النَّضْرِ قَالَ : جَاءَ رَجُلٌ إِلَى ابْنِ عُمَرَ فَسَلَّمَ عَلَيْهِ قَالَ : مَنْ أَنْتَ؟ قَالَ : أَنَا حَاضِنُكَ فُلاَنٌ. وَرَأَى بَيْنَ عَيْنَيْهِ سَجْدَةً سَوْدَاءَ فَقَالَ : مَا هَذَا الأَثَرُ بَيْنَ عَيْنَيْكَ؟ فَقَدْ صَحِبْتُ رَسُولَ اللَّهِ -صلى الله عليه وسلم- وَأَبَا بَكْرٍ وَعُمَرَ وَعُثْمَانَ رَضِىَ اللَّهُ عَنْهُمْ فَهَلْ تَرَى هَا هُنَا مِنْ شَىْءٍ؟ (رواه البيهقي في السنن الكبرى رقم 3698)

Dari Salim Abu Nadhr, ada seorang yang datang menemui Ibnu Umar. Setelah orang tersebut mengucapkan salam, Ibnu Umar bertanya kepadanya, “Siapakah anda?”. “Aku adalah anak asuhmu”, jawab orang tersebut. Ibnu Umar melihat ada bekas sujud yang berwarna hitam di antara kedua matanya. Beliau berkata kepadanya, “Bekas apa yang ada di antara kedua matamu? Sungguh aku telah lama bershahabat dengan Rasulullah, Abu Bakr, Umar dan Utsman. Apakah kau lihat ada bekas tersebut pada dahiku?” (Riwayat Baihaqi dalam Sunan Kubro no 3698)


عَنِ ابْنِ عُمَرَ : أَنَّهُ رَأَى أَثَرًا فَقَالَ : يَا عَبْدَ اللَّهِ إِنَّ صُورَةَ الرَّجُلِ وَجْهُهُ ، فَلاَ تَشِنْ صُورَتَكَ.
Dari Ibnu Umar, beliau melihat ada seorang yang pada dahinya terdapat bekas sujud. Ibnu Umar berkata, “Wahai hamba Allah, sesungguhnya penampilan seseorang itu terletak pada wajahnya. Janganlah kau jelekkan penampilanmu!” (Riwayat Baihaqi dalam Sunan Kubro no 3699).

عَنْ أَبِى عَوْنٍ قَالَ : رَأَى أَبُو الدَّرْدَاءِ امْرَأَةً بِوَجْهِهَا أَثَرٌ مِثْلُ ثَفِنَةِ الْعَنْزِ ، فَقَالَ : لَوْ لَمْ يَكُنْ هَذَا بِوَجْهِكِ كَانَ خَيْرًا لَكِ.
Dari Abi Aun, Abu Darda’ melihat seorang perempuan yang pada wajahnya terdapat ‘kapal’ semisal ‘kapal’ yang ada pada seekor kambing. Beliau lantas berkata, ‘Seandainya bekas itu tidak ada pada dirimu tentu lebih baik” (Riwayat Bahaqi dalam Sunan Kubro no 3700).

عَنْ حُمَيْدٍ هُوَ ابْنُ عَبْدِ الرَّحْمَنِ قَالَ : كُنَّا عِنْدَ السَّائِبِ بْنِ يَزِيدَ إِذْ جَاءَهُ الزُّبَيْرُ بْنُ سُهَيْلِ بْنِ عَبْدِ الرَّحْمَنِ بْنِ عَوْفٍ فَقَالَ : قَدْ أَفْسَدَ وَجْهَهُ ، وَاللَّهِ مَا هِىَ سِيمَاءُ ، وَاللَّهِ لَقَدْ صَلَّيْتُ عَلَى وَجْهِى مُذْ كَذَا وَكَذَا ، مَا أَثَّرَ السُّجُودُ فِى وَجْهِى شَيْئًا ()
Dari Humaid bin Abdirrahman, aku berada di dekat as Saib bin Yazid ketika seorang yang bernama az Zubair bin Suhail bin Abdirrahman bin Auf datang. Melihat kedatangannya, as Saib berkata, “Sungguh dia telah merusak wajahnya. Demi Allah bekas di dahi itu bukanlah bekas sujud. Demi Allah aku telah shalat dengan menggunakan wajahku ini selama sekian waktu lamanya namun sujud tidaklah memberi bekas sedikitpun pada wajahku” (Riwayat Baihaqi dalam Sunan Kubro no 3701).

عَنْ مَنْصُورٍ قَالَ قُلْتُ لِمُجَاهِدٍ (سِيمَاهُمْ فِى وُجُوهِهِمْ مِنْ أَثَرِ السُّجُودِ) أَهُوَ أَثَرُ السُّجُودِ فِى وَجْهِ الإِنْسَانِ؟ فَقَالَ : لاَ إِنَّ أَحَدَهُمْ يَكُونُ بَيْنَ عَيْنَيْهِ مِثْلُ رُكْبَةِ الْعَنْزِ وَهُوَ كَمَا شَاءَ اللَّهُ يَعْنِى مِنَ الشَّرِّ وَلَكِنَّهُ الْخُشُوعُ.
Dari Manshur, Aku bertanya kepada Mujahid tentang maksud dari firman Allah, ‘tanda-tanda mereka tampak pada muka mereka dari bekas sujud’ apakah yang dimaksudkan adalah bekas di wajah? Jawaban beliau, “Bukan, bahkan ada orang yang ‘kapal’ yang ada di antara kedua matanya itu bagaikan ‘kapal’ yang ada pada lutut onta namun dia adalah orang bejat. Tanda yang dimaksudkan adalah kekhusyu’an” (Riwayat Baihaqi dalam Sunan Kubro no 3702).
Bahkan Ahmad ash Showi mengatakan, “Bukanlah yang dimaksudkan oleh ayat adalah sebagaimana perbuatan orang-orang bodoh dan tukang riya’ yaitu tanda hitam yang ada di dahi karena hal itu adalah ciri khas khawarij (baca: ahli bid’ah)” (Hasyiah ash Shawi 4/134, Dar al Fikr). Dari al Azroq bin Qois, Syarik bin Syihab berkata, “Aku berharap bisa bertemu dengan salah seorang shahabat Muhammad yang bisa menceritakan hadits tentang Khawarij kepadaku. Suatu hari aku berjumpa dengan Abu Barzah yang berada bersama satu rombongan para shahabat. Aku berkata kepadanya, “Ceritakanlah kepadaku hadits yang kau dengar dari Rasulullah tentang Khawarij!”. Beliau berkata, “Akan kuceritakan kepada kalian suatu hadits yang didengar sendiri oleh kedua telingaku dan dilihat oleh kedua mataku. Sejumlah uang dinar diserahkan kepada Rasulullah lalu beliau membaginya. Ada seorang yang plontos kepalanya dan ada hitam-hitam bekas sujud di antara kedua matanya. Dia mengenakan dua lembar kain berwarna putih. Dia mendatangi Nabi dari arah sebelah kanan dengan harapan agar Nabi memberikan dinar kepadanya namun beliau tidak memberinya. Dia lantas berkata, “Hai Muhammad hari ini engkau tidak membagi dengan adil”. Mendengar ucapannya, Nabi marah besar. Beliau bersabda, “Demi Allah, setelah aku meninggal dunia kalian tidak akan menemukan orang yang lebih adil dibandingkan diriku”. Demikian beliau ulangi sebanyak tiga kali. Kemudian beliau bersabda,
يَخْرُجُ مِنْ قِبَلِ الْمَشْرِقِ رِجَالٌ كَانَ هَذَا مِنْهُمْ هَدْيُهُمْ هَكَذَا يَقْرَءُونَ الْقُرْآنَ لاَ يُجَاوِزُ تَرَاقِيَهُمْ يَمْرُقُونَ مِنَ الدِّينِ كَمَا يَمْرُقُ السَّهْمُ مِنَ الرَّمِيَّةِ ثُمَّ لاَ يَرْجِعُونَ فِيهِ سِيمَاهُمُ التَّحْلِيقُ لاَ يَزَالُونَ يَخْرُجُونَ
“Akan keluar dari arah timur orang-orang yang seperti itu penampilan mereka. Dia adalah bagian dari mereka. Mereka membaca al Qur’an namun alQur’an tidaklah melewati tenggorokan mereka. Mereka melesat dari agama sebagaimana anak panah melesat dari binatang sasarannya setelah menembusnya kemudia mereka tidak akan kembali kepada agama. Cirri khas mereka adalah plontos kepala. Mereka akan selalul muncul” (HR Ahmad no 19798, dinilai shahih li gharihi oleh Syeikh Syu’aib al Arnauth). Oleh karena itu, ketika kita sujud hendaknya proporsonal jangan terlalu berlebih-lebihan sehingga hampir seperti orang yang telungkup. Tindakan inilah yang sering menjadi sebab timbulnya bekas hitam di dahi.

menggelengkan kepala ketika berdzikir



MENGGELENGKAN KEPALA KETIKA BERDZIKIR

اسم الكتاب : جامع الأحاديث
المؤلف : جلال الدين السيوطي
33641- عن أبى أراكة قال : صليت مع على بن أبى طالب الفجر ، فلما انقلب عن يمينه مكث كأن عليه كآبة ، ثم قلب يده ، وقال : والله لقد رأيت أصحاب محمد  - صلى الله عليه وسلم -  فما أرى اليوم شيئا يشبههم لقد كانوا يصبحون شعثا غبرا ، بين أعينهم كأمثال ركب المعز ، قد باتوا لله سجدا وقياما ، يتلون كتاب الله يراوحون بين جباههم وأقدامهم ، فإذا أصبحوا فذكروا الله مادوا كما يميد الشجر فى يوم الريح ، وهملت أعينهم حتى تبل ثيابهم ، فإذا أصبحوا والله لكان القوم باتوا غافلين . ثم نهض ، فما رئى مفترا ضاحكا حتى ضربه ابن ملجم (الدينورى ، والعسكرى فى المواعظ ، وأبو نعيم فى الحلية ، وابن عساكر) [كنز العمال 44222] أخرجه أبو نعيم فى الحلية (1/76) ، وابن عساكر (42/492)
الكتاب: فتاوي الخليلي على المذهب الشافعي
المؤلف: محمد بن محمد، ابن شَرَف الدين الخليلي الشافعيّ القادري
(سئل) فيما يفعله الناس من الميل والتحريك في حال القراءة والذكر وشبههما كما هو مشاهد من جميع الناس، هل لذلك أصل في السنة أو لا؟ وهل هو حرام أو مكروه أو مندوب؟ وهل يثاب عليه؟ وهل ثبت أنه من التشبه باليهود أو لا؟

(أجاب) إذا تأملت قول الله عز وجل: {الذين يذكرون الله قياما وقعودا وعلى جنوبهم} وقوله تعالى: {والذاكرين الله كثيرا والذاكرات} مع آيات كثيرة غيرهما مع قول الأصوليين وعموم الأشخاص يستلزم عموم الأحوال والأزمنة والبقاع مع ما لهم من الأمثلة الدالة على ذلك مع ما ورد في تفسير الآيات المذكورة وغيرها، علمت أن الحركة في الذكر والقراءة ليست محرمة ولا مكروهة، بل هي مطلوبة في جملة أحوال الذاكرين من قيام وقعود وجنوب وحركة وسكون وسفر وحضرة وغنى وفقر، فقد أخرج ابن المنذر وابن أبي حاتم عن ابن عباس في قوله تعالى: {اذكروا الله ذكرا} يقول: لا يفرض الله تعالى على عباده فريضة إلا جعل لها حدا معلوما، ثم عذر أهلها في حال عذر غير الذكر، فإن الله تعالى لم يجعل له حدا ينتهي إليه، ولم يعذر أحدا في تركه إلا مغلوبا على عقله، فقال: اذكروا الله قياما وقعودا وعلى جنوبكم بالليل والنهار في البحر والبر في السفر والحضر في الغناء والفقر في الصحة والسقم والسر والعلانية وعلى كل حال، وقال: سبحوه بكرة وأصيلا، فإذا فعلتم ذلك صلى عليكم هو وملائكته، قال الله تعالى: {هو الذي يصلي عليكم وملائكته. وأخرج ابن أبي حاتم عن مقاتل في قوله {اذكروا الله ذكرا كثيرا} قال: باللسان التسبيح والتكبير والتهليل والتحميد، واذكروه على كل حال، وسبحوه بكرة وأصيلا، يقول: صلوا له بكرة بالغداة وأصيلا بالعشي.
وأخرج عبد بن حميد وابن المنذر عن مجاهد قال: لما نزلت} إن الله وملائكته يصلون على النبي {فقال أبو بكر: يا رسول الله ما أنزل عليك خير إلا أشر كنا فيه، فنزلت هو الذي يصلى عليكم وملائكته} فإذا تأملت رواية ابن عباس: وعلى كل حال، ورواية مقاتل في قوله: واذكروه على كل حال، علمت صحة قول الأصوليين المذكور، وشمل كل حال حال الحركة والسكون، وشمل الذكر القرآن وغيره، بل القرآن أجل الذكر، وليس في ذلك من التشبه باليهود بحال؛ لأن حال الذاكر والقارئ لكتاب الله عز وجل من أين تكون لليهود ومن أين لهم التلبس بها حتى نشابههم فيها، ويبقى النظر في أن الحركة أولى أو السكون، قد يقال: إن الحركة أولى، ويدل لذلك أن جبريل عليه السلام لما جاء لرسول الله - صلى الله عليه وسلم - وهو بغار حراء، فقال له: اقرأ، فقال: ما أنا بقارئ، فأخذه فغطه حتى بلغ منه الجهد ثلاثا، فهذا دليل على طلب الحركة للذكر، ويدل له أيضا أن الله تعالى شبه المنافقين بالخشب المسندة ذما لهم، قال البيضاوي: مشبهين بأخشاب منصوبة مسندة إلى الحائط في كونهم أشباحا خالية عن العلم. انتهى. ويدل له قوله تعالى: {قل سيروا في الأرض فانظروا} فإن السير في الأرض يلزمه الحركة المترتب عليها النظر الموجب للعلم، وقد يقال: إن ذلك يختلف باختلاف أحوال الناس، فرب ذاكر ساكن غافل، فإذا تحرك تيقظ، فالحركة أولى له، ورب ذاكر متحرك الحركة تذهب خشوعه، فالسكون له أولى، ورب ذاكر قارئ يستوي عنده الحالان، فيفعل ما شاء، والله يهدي من يشاء إلى صراط مستقيم، ولكل وجهة هو موليها فاستبقوا الخيرات، والله تعالى أعلم.

AIR DUA QULLAH




Dalam bab thaharah ketika membicarakan masalah air kita tak dapat terlepas dari masalah air dua qulah, hal ini bersumber dari kombinasi dua hadits Rasulullah yang menyatakan bahwa air dua qulah tidak akan bernajis dan hadits lain yang menyatakan bahwa air tidak akan bernajis kecuali bila berobah warna, rasa ataupun baunya.
إذا بلغ الماء قلتين فانه لا ينجس رواه ابو داود
“Apabila air telah sampai dua qulah maka ia tidak akan bernajis”(H.R Abu Dawud)
أن الماء لا ينجسه شيء إلا ما غلب على ريحه وطعمه ولونه رواه ابن ماجه
“Air tidak akan bernajis dengan sesuatu kecuali bila berobah baunya dan rasanya dan warnanya” (H.R Ibnu Majah)

Nah berapakah ukuran dua qulah?
Ukuran yang disebutkan dalam kitab fiqh adalah 500 Rithal Baghdady.[1] Dalam ukuran lain adalah 1,25 zira`.[2] Maka bila berdasarkan pendapat bahwa 1 zira` adalah 48 cm [3] maka ukuran 2 kulah adalah:
1,25 zira` = 48 + (¼.48) =60 cm

Maka 2 qulah : 60x60x60 = 216.000 cm3 = 216 liter.

[1] Hasyiah Al-Mahally jilid 1 hal 26 Cet. Dar Fikr
[2] Hasyiah Al-Mahally jilid 1 hal 24 Cet. Dar Fikr
[3] Sebagaimana pada tambahan Kitab Fiqh Mazahibil Arba`ah jilid 2 Cet. hal 57 Maktabah Hakikat kitabevi tahun 2004

Sukatan atau kail (dalam bahasa Arab) adalah alat menentukan ukuran takaran/sukatan suatu benda dengan menggunakan mud, sha' atau usuk.

Mud jamak amdad
المُدُّ ج أَمْدَّادٌ وَمِدَّادٌ وَمِدَّدَةٌ هو ضرب من المَكَايِيْل
biasa digunakan sebagai salah satu alat sukatan, yang ukuran volumenya sebesar isi 1 1/3 rithal kacang Adas, atau 2 rithal air. Ukuran ini apabila dibandingkan ke gram, maka berat 1 mud kacang Adas adalah 576 gram, dan berat 1 mud air = 864 gram.

Air adalah zat cair yang kadarnya sama dalam bentuk isi dan berat yaitu 100 cl = 100 gram. Dalam eksprimen ditemukan bahwa: 1000 cl air beratnya adalah 1000 gram, maka dapat disimpulkan bahwa: untuk mencari besarnya volume suatu alat takaran/sukatan harus dengan menggunakan air, dengan pertimbangan belum ditemukan zat lainnya yang mempunyai persamaan antara kadar isi dan berat. Oleh karena itu untuk mencari volume mud harus menggunakan air.

Berdasarkan ketetapan ukuran berat air 1 mud = 864 gram, maka volume satu mud air adalah 864 cl. atau 0,864 liter. Sedangkan ukuran berat 1 mud untuk benda yang berat jenisnya tidak sama belum ada ukuran pasti, karena ukurannya tergantung benda yang diukur dengan mud.
Contohnya beras, berat 1 liter = 8 ons, maka berat 1 mud adalah 6,912 ons, sedangkan 1 mud kacang Adas beratnya = 5,76 ons. Dari uraian dan perhitungan diatas jelaslah bahwa ukuran takaran 1 mud beras jauh berbeda dengan ukuran takaran 1 mud air dan 1 mud kacang Adas.

Sha’ berasal dari kata
صاع - صوعا الحةَ : كاله تالصاع
juga satuan sukatan  yang ukuran volumenya adalah 4 mud, didasari ukuran volume mud 864 cl atau 0,864 liter (lihat uraian diatas!), maka ukuran Sha’ adalah 3456 cl atau 3,456 liter, atau 1,728 bambu.
Sedangkan untuk mencari ukuran Sha’ dengan gram, sama halnya dengan mud, yaitu tergantung kepada benda yang diukur atau ditakar/sukat dengan Sha’. Apabila yang di ukur itu beras, maka berat 1 Sha’ adalah 2,7648 kg beras.

Ausuq berasal dari kata wasq, juga satuan sukatan, yang ukurannya 60 Sha’  dan ukuran 1 Sha’ adalah 3,456 liter atau 1,728 bambu, maka ukuran volume wasq (1 Ausuq) adalah 207,36 liter atau 103,68 bambu. Dan volume 5 Ausuq adalah 518,4 bambu.
Untuk lebih jelas lihat table di bawah ini :
Tabel ukuran sukatan syar'iyah:
 Nama luas 
 Qirbah 
 Sha' 
 Mud 
 Rithal 
Usuq
 2,5
60
240

 Qirbah 
 
24
96

Sha'


4

 Mud
 


2

Tabel sukatan syar'iyah dengan ukuran sukatan internasional
Nama luas
 bambu
 liter 
 Desiliter
 centiliter 
mililiter
Usuq
 103.68
207.36
2073.6
20736
207360
 Qirbah 
 41.472
82.944
829.44
8294.4
82944
Sha'
 1.728
3.456
34.56
345.6
3456
Mud
 0.432
0.864
8.64
86.4
864


Rital adalah satuan berat, Sahibul Munjid mengemukakan:
رَطَلَ الشَّيئ لِيُعرَف وزنه
“Mengukur sesuatu untuk mengetahui timbangannya”, yang kadarnya menurut pendapat imam Nawawi adalah 128 4/7 Dirham.

Dirham adalah satuan berat yang kadarnya 6 daniq.
Daniq dirham adalah satuan ukuran timbangan yang beratnya 1 danik = 1/6 dirham.
Daniq dinar adalah satuan ukuran timbangan yang beratnya 1 danik = 1/6 dinar.
Dinar/mistqal adalah satuan berat yang kadarnya 1 3/7 dirham.
Untuk mengetahui ukuran dan perbandingannya lihat tabel di bawah ini:
Tabel ukuran berat yang terdapat dalam kitab:
 Nama ukuran 
Ukuran berat
Dirham
 Daniq 
Rithal
   128 4/7 

 Mistqal/ Dinar 
1 3/7

Dirham

6
Daniq
1/6


Tabel ukuran berat standar internasional:
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEgPmrC6NAMYzUTa7xlOomGp77X62vFTy7gqULZibusNH22ZUa74y98qDXJLa5Oc9xrfpJ-X3xalmVMFxME642ngD8dE4wJaogb_rFEv4C97GyBcxOMWROwdB6HS0xawl3JvXn-CmIQOcAm2/s200/222222222222.jpg

Untuk menjabarkan semua satuan berat yang terdapat pada istilah syar'iyah kepada ukuran berat yang berlaku di tingkat internasional sa'at ini, dapat di mulai dengan memperbandingkan berat 1 (satu) dirham dengan gram. Penelitian tentang hal ini tidak terlepas dari pembahasan tentang air. Karena air adalah satu-satunya zat yang mempunyai persamaan antara kadar luas dan berat. sebagaimana yang kita maklumi dari pembahasan tentang air, bahwa: air dua qullah yang jumlah volumenya 216 liter mempunyai ukuran berat 500 rithal atau 64.285,71429 dirham,
dan juga dapat kita maklumi dari ilmu Fisika bahwa; Air 216 Lliter beratnya adalah 216 kg. atau 216000 gram, maka apabila 216000 gram di bagi dengan 64.285,71429 dirham menghasilkan ukuran berat 1 dirham dengan gram. ( 216000 : 64.285,71429 = 3,36) maka berat 1 dirham adalah 3,36 gram.

Setelah mendapatkan ukuran berat 1 dirham dengan gram, maka semua kasus hukum yang menyangkut dengan ukuran timbangan syar'iyah akan mudah dijabarkan kepada ukuran yang berlaku di tingkat internasional sa'at ini.
Mistqal atau dinar pada istilah syar'iyah adalah 1 3/7 dirham, maka 1 mistqal adalah 4,8 gram.
Rithal pada istilah syar'iyah adalah 128 4/7 dirham, maka 1 rithal dengan ukuran gram adalah 432 gram.

Tabel di bawah ini menunjukkan perhitungan ukuran berat pada istilah syar'iyah dengan ukuran yang berlaku sa'at ini:
ukuran
 dirham
 kilogram 
 hektogram (ons) 
 gram 
Rithal
 128 4/7
0,432
4,32
432
 Mistqal/ Dinar 
 1 3/7
0,0048
0,048
4,8
Dirham
 6
0,00336
0,0336
3,36
Daniq
 1/6
0,00056
0,0056
0,56